Skip To: Content | Sidebar | Footer
Sitemap   

sw ep2

Rencana saya nonton sw hari kamis kemarin buyar karena SMS dari nyonya :
“Star Wars sudah main ya? Bareng saja nontonnya, tapi besok ya. Tak traktir!”.

Ya udah, mengurungkan niat sampai hari jumat. Bukan traktirannya sih yang dicari. Malah kalao dipikir ya bukan traktiran. Lah wong nraktir pake duit belanja yang notabene ya dari saya juga. Tapi sudahlah, ketimbang nggarai wong wadon nesu.. :-p

Okay, back to business. personally i think ep3 is the best of the first two. Bagus karena ceritanya benar-benar sudah mulai keliatan. Plot jahat Palpatine juga sudah mulai keliatan belangnya. Meskipun ada beberapa bagian yang saya rasa agak dipaksakan. Seperti misal intruksi Palpatine kepada Ani untuk menghabisi Count Dooku. Transisi pemeranan seorang ketua senat ke penokohan sisi gelap Sith terlihat kurang smooth geetu.

Ada nggak enaknya juga seh ngeliat cerita prequel seperti ini. Nggak seru karena kita sudah tau nanti akhirnya bagaimana. Mulai dari awal kita sudah tau bahwa mestinya di episode ini ordo Jedi mulai diburu. Mestinya Ani berpaling ke dark side karena penderitaan yang dia emban. Mestinya princess Padme melahirkan kembar, Luke dan Leia, yang kemudian dipisah. Mestinya Kenobi kembali ke Tattoine dan Yoda mengasingkan diri di planet antah berantah. Dan mestinya mestinya yang lain. Ya itu gak enaknya lihat model prequel, kita tahu plot plot penting mana yang nantinya membentuk alur cerita selanjutnya.

Keasyikan sesungguhnya justru terletak pada detail bagaimana plot-plot itu terjadi. Apa yang menyebabkan tubuh Ani, Darth Vader, harus dibungkus pakaian mekanik seperti itu. Bagaimana hubungan kematian master Windu dengan transisi wajah Palpatine menjadi Sith abiiiss. Seperti apa seh perwujudan sebenarnya dari kata-kata paling kesohor di dunia sw :

“fear is to hate, hate is to anger, anger is to sufferring”

Adegan perang tetap ada. Meski terkesan tidak sekolosal Ep2 Clones. Yang menarik malah peperangan pedang sinar ala Jedi.
Saya sempet punya teori tentang warna pedang, bahwasanya : warna pedang ditentukan oleh kekuatan dominan force pembawanya. Kalo force baik ya warnanya biru, atau hijau kalau kekuatannya luar biasa seperti milik Yoda. Kalo dark force ya merah. Tapi teori saya dimentahkan kenyataan bahwa pedang yang digenggam Ani waktu membantai Jedi dan federasi dagang di Planet Mustafar tetap biru.
Saya jadi berteori ngawur : berarti vendor penyedia pedang antara kaum Jedi dan Sith itu beda. Dan mungkin master Yoda punya vendor sendiri yang khusus bikin pedang “Yoda series” atau semacamnya.. hehe.. ngawur ah.

Sebagai prequel ada yang bilang ep3 ini masih kurang : masih banyak missing link. Menurut saya sendiri sih sudah cukup. Dan biasanya, di blognya para fans starwars kita bisa nemu teori-teori menarik lain tentang missing link ini dan apa-apa di dunia starwars.

This is the most main magnet of sw : dunia sendiri dengan tatanan nilai sendiri. Ini juga yang berusaha ditiru Frank Herbert’s Dune, cuma sayangnya Dune terlalu berat bermain di nilai-nilai. Kurang unsur fantasi dan entertainnya :)

Ah, satu hal yang hampir lupa. Diakhir, sembari memandang konstruksi Dark Star yang separuh rampung, dengan suara nafas berat yang hampir pasti akrab di telinga, di balik topeng baja hitam yang sangat retro, berkata seorang Sith : “Yes, Master”.

Wes tah, iku ae. Sekarang bersabar menunggu trilogi Star Wars Ep 7,8, dan 9.. hehehe..

gravatar on
Adrian Godong said :
1

Mas Andry, judulnya salah tuh... masih ep2. Also, warna light sabre itu katanya sih menunjukkan gaya yang memakai. Kalau dari KOTOR, warna light sabre itu tergantung "kelas" Jedi yang dipilih. Tapi secara langsung, ngga ada hubungannya tuh antara strength dan feature dengan warnanya. Kalau dengan vendor, memang sangat mungkin ada...
gravatar on
cosa said :
2

gw pikir pertama juga judulnya salah, tapi mungkin maksudnya ep2 dari posting sebelumnya. Ya gak? :p
gravatar on
andry said :
3

#Adrian : wehehe... KOTOR, belum sempet ngegame itu gw ^-^. terakhir cuma warcraft sama dungeon siege, lalu stop. berakibat buruk ke produktivitas :D

#cosa : hehe.. iyo bener. tunggu saja posting ep3-nya :)

Leave a comment

Keep it polite and on topic.
Your email address is required, but won't be displayed.

Remember
Textile Help
_emphasis_
*strong*
-deleted text-
@[email protected]
"link text":http://link.url
!http://image.url!
ABC(Always Be Closing)
  this is not Spam.
preview

:

Feb 15, 04:31 PM